Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost Di Jakarta

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost Di Jakarta

JakartaUnderground – Sia-sia saja terima upah besar di Jakarta jika tiap bulannya perlu bayar ongkos kost yang mahal. Kurang lebih ada tidak ya langkah hidup irit agar tidak ngos-ngosan bertahan di ibukota?

Ongkos hidup di Jakarta memang termasuk tinggi antara beberapa kota besar yang lain. Survey Ongkos Hidup (SBH) yang sudah dilakukan Tubuh Pusat Statistik (BPS) tempatkan Jakarta sebagai salah satunya kota dengan ongkos hidup termahal.

Apa lagi misalnya kamu siswa atau mahasiswa yang mungkin masih memercayakan uang kiriman orang-tua. Karena itu panduan makan irit ala-ala anak kos persembahan kami ini pasti akan menolong kamu.

Baca juga : Daftar Hotel Unik dan Instagramble Di Jakarta 2022

Tetapi, kamu tidak perlu kebingungan kembali. Dengan lakukan banyak hal anak kos dapat membuat pengeluaran sepanjang mengelana di Jakarta menjadi lebih murah. Berikut 5 panduan mengatur uang buat kamu yang ngontrak di Jakarta:

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kost Di Jakarta

Konsumsi Banyak Air Putih

Panduan makan irit ala-ala anak kos seterusnya yang dapat kamu kerjakan ialah mulai sekarang ini sayangilah air putih setulus hati. Karena ini adalah panduan simpel tapi hasilnya akan hebat sekali.

Setiap kamu makan tentu saja kamu perlu untuk konsumsi minuman. Tapi sadarkah kalian jika di sejumlah tempat makan jual minuman pada harga sama atau bahkan juga semakin tinggi dibanding harga makanan yang kamu pesan?

Minuman yang nyaris ada selalu dan mempunyai harga termurah umumnya ialah air putih. Karena itu panduan makan irit ala-ala anak kos yang perlu kamu coba ialah selalu untuk pesan air putih saat kamu mau tak mau makan di luar atau di kantin universitas.

Harga satu gelas es jeruk atau es teh manis ialah Rp 3.000 selanjutnya harga air putih cuma Rp 1.000 serta di sejumlah tempat digratiskan. Pikirkan seberapa banyak yang dapat kamu irit bila mulai melatih diri minum air putih.

Ingin lebih hemat kembali? Karena itu pilih mode atau gambar botol favorite kamu dan bawa selalu dimanapun kamu pergi. Ke sekolah, ke universitas atau ke kantor. Kamu jadi dapat selalu bawa botol air minum yang telah berisi dari kost – kost dan pasti lebih irit dibanding beli sebotol air mineral di minimarket . Maka, kamu cukup beli air mineral galon sekurang-kurangnya 2x dalam satu bulan dengan bujet cuma sekitaran Rp 40.000 sampai Rp 50.000 saja.

Jadi saat ini belajar menyukai air putih, ya. Selainnya irit, air putih mempunyai banyak faedah untuk badan kamu. Kamu tak perlu berasa gengsi atau malu untuk memesan. Cukup sekali lho bila kamu dapat mengirit bujet minuman setiap makan.

Tidak Boleh Sering Nongkrong

Bukan rahasia kembali, Jakarta sebagai salah satunya kota yang punyai tempat nongkrong terbanyak di Indonesia. Ingat kehidupan mahasiswa di perkotaan yang cukup hedon, jika dituruti terus kamu dapat pailit. Oleh karena itu, seharusnya coba untuk mengendalikan diri supaya tidak begitu sering nongkrong bersama rekan.

Memang sich tidak ada apa-apa jika tidak sering, tapi jika nyaris tiap hari ke kafe dan tempat nongkrong yang lain? Ditanggung uang bulanan dari orangtua tidak akan berasa cukup.

Pisah uang konsumsi dan tabungan

Untuk mahasiswa yang menghasilkan uang kantong bulanan dari orangtua, selekasnya pisah uang konsumsi harian dan tabungan saat uang itu baru diterima. Jika dapat, seharusnya punyai dua ataupun lebih kartu atm. Ini bermanfaat untuk atur aliran kas tiap bulannya.

Disamping itu, dengan berlakukan ini kamu bisa juga pastikan jika tiap bulan ada uang yang masuk ke rekening tabungan.

Perkirakan Pengeluaran Laundry

Kemungkinan aktivitas bekerja di Jakarta karena tuntutan tugas membuat kamu tidak ada waktu buat membersihkan baju. Tidak hanya waktu, energi juga kemungkinan terkuras karena lebih sering digunakan buat pikirkan tugas.

Di Jakarta ongkos jasa laundry itu bermacam, tetapi rerata sekitaran Rp 10.000 per kg. Berangan-angan saja sepanjang satu minggu berat bajumu yang perlu dicuci laundry sekitaran 3 kg.

Maknanya, satu minggu kamu distribusikan: Rp 10.000 x 3 kg = Rp 30.000. Peruntukan satu bulan sama dengan:

Rp 30.000 x 4 = Rp 120.000
Dengan dikurangkan pengeluaran buat laundry, tersisa pendapatanmu jadi: Rp 5.956.000 – Rp 120.000 = Rp 5.836.000.

Jangan Bawa Uang Cash

Panduan makan irit ala-ala anak kos setelah itu tidak boleh bawa uang kontan umumnya khususnya saat kamu melancong. Karena ini dapat menjadi salah satunya penyakit boros yang tanpa sadar kamu kerjakan.

Saat ke mall lalu kamu saksikan barang lucu dan bagus, membeli. Saat ke supermarket kamu saksikan suatu hal yang baik dan lucu lalu dibeli. Tidaklah aneh donk jika pengeluaran kamu selalu boncos alias kewalahan setiap bulannya.

Karena itu, anjuran kami, selalu membawa uang cocok saat kamu keluar atau bawa uang yang sesuai tipe yang kamu butuhkan. Lebihkan tetapi sedikit saja tidak boleh umumnya.

Minimum kamu akan ingat jika sekarang ini kamu melakukan usaha penghematan dengan bawa uang kontan seperlunya . Maka cocok kamu menyaksikan dompet dengan uang seadanya, kamu jadi berbeda pemikiran saat ingin keluarkan uang buat suatu hal yang kurang penting.

Jika jadi perhatian, banyak pula lho beberapa orang yang gatal saat menyaksikan banyak uang di dompetnya. Lho kok uangnya ada banyak? Membeli apalagi, ya? Janganlah sampai melakukan, ya. Karena dengan bawa uang ngepas sebagai salah satunya panduan tepat supaya dilaksanakan oleh semua anak kos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *