WARGA JAKARTA DAN VAKSIN COVID – 19 YANG AKAN SEGERA DISUNTIKAN

WARGA JAKARTA DAN VAKSIN COVID – 19 YANG AKAN SEGERA DISUNTIKAN

Berita tentang vaksin COVID – 19 yang sudah sampai di Indonesia dan disuntikan pertama kali itu ke presiden Indonesia yang Joko Widodo. Saat penyuntikan sedang berlangsung tersebut disiarkan secara langsung dibeberapa stasiun TV. Sehingga masyarakat Indonesia dapat melihat secara langsung penyuntikan vaksin tersebut terjadi dengan cara yang aman dan juga halal.

Setelah vaksin tersebut diberikan kepada bapak presiden, lalu diikuti dengan beberapa orang lainnya dan salah satunya terdapat artis Indonesia sekaligus influencer yang mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan vaksin dalam antrian yang pertama. Lalu selanjutkan akan mulai diberikan kepada warga Jakarta yang berjumlah 7,9 juta, pesan ini langsung disampaikan oleh Widyastuti yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Jumlah dari warga Jakarta yang sudah diberitahukan tersebut merupakan warga Ibu kota yang memiliki jarak umur 18 sampai dengan 59 tahun, dimana itu adalah salah satu syarat untuk bisa mendapatkan vaksin  COVID – 19.

“Secara total jumlah, nantinya di DKI Jakarta yang akan mendapatkan vaksinasi ini bagi kelompok umur 18-59 tahun ada sekitar 7,9 juta,” ucap Widyastuti.

Rincian yang sudah disebutkannya tersebut bila diperhitungkan bahwa akan terdapat 130.000 tenaga kesehatan, 500.000 yang akan menjadi pemberi layanan publik, kelompok usahan kurang lebih 2 juta lebih, kelompok rentan dengan geospasial juga ekonomi kurang lebih tiga juta lebih.

Lalu untuk kelompok yang sudah memasuki usia lanjut itu memiliki total kurang lebih 980.000 orang. Salah satu syarat dari pemberian vaksin tersebut adalah yang berusia 18 sampai 59 tahun, tetapi terdapat kelompok lanjut usia yang bisa mendapatkan vaksinasi hanya saja dengan kondisi yang sudah ditentukan.

“Ini merupakan sasaran vaksinasi terbanyak. Karena kami pernah melakukan vaksinasi secara program massal gini paling banyak sekitar 2 juta,” ujar Widyastutsi.

Memang total yang sudah disebutkan tersebut, merupakan angka yang tidak sedikit. Sehingga agar vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik dan juga lancar, perlu kerjasama dan partisipasi dari masyarakat. Karena yang akan terlebih dalam mensukseskan program vaksinasi initidak hanya dari tenaga kesehatan saja.

Lalu dibutuhkannya juga kerja sama yang terjalin antara pemerinta pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, pihak swasta, BUMI sampai dengan TNI juga Polri.

“Sehingga tujuan pemberian vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunitas atau herd immunity terjaga atau tercapai. Kalau terjaga, tercapai harapannya kita secara kebal komunitas bisa mengurangi atau menurunkan angka kesakitan akibat Covid-19,” ucap Widyastuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *