TINGKAT PENGANGGURAN DI JAKARTA TINGGI, INI DIA CARA MENGATASINYA!

Kepadatan penduduk yang terjadi di Jakarta ini memang nyata adanya, terdapat berbagai dampak yang dirasakan dari kepadatan penduduk disini. Dari mulai tingkat pengangguran yang meningkat, lahan kosong yang semakin menipis karena digunakan untuk pembangungan tempat tinggal, juga kepadatan yang terjadi di jalanan  karena meningkatnya volume kendaraan di jalanan. Tetapi yang menjadi fokus kali ini adalah pengangguran yang terjadi di Jakarta, dimana hampir sebagian dari masyarakat Jakarta itu tidak mempunyai pekerjaan. Sehingga membuat mereka yang tidak mempunyai keahlian atau pendidikan yang mumpuni harus menjadi pengemis atau peminta – minta dijalan. Bahkan ada juga yang menjadi pengamen dijalan.

Hal ini mereka lakukan hanya untuk dapat bertahan hidup di Jakarta, untuk mencari sesuap nasi memang bukan perkara yang mudah. Maka dari itu berbagai cara pun dilakukan hanya untuk dapat membeli sesuap nasi. Tentunya dampak yang ditimbulkan dari tingkat pengangguran yang tinggi adalah tingkat kemiskinan yang ikut meningkat. Maka dari itu saat ini sangat sekali diperlukan car auntuk dapat mengatasi pengangguran yang kian meningkat di ibu kota ini. Dalam kasus ini membutuhkan peran yang aktif juga aksi dari pemerintah agar dapat mengatasi hal ini. Yang dimana bila hanya didiamkan terus menerus hanya akan semakin memburuk saja. Berikut cara utnuk dapat mengatasi tingkat pengangguran di Jakarta yang tinggi.

1.Menyelenggarakan Bursa Tenaga Kerja

Terdapat kata – kata dimana cara untuk mengatasi tingkat pengangguran itu dengan membuka lapangan pekerjaan. Sedangkan hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dapat dilakukan, karena arti dari kata tersebut terlalu besar untuk diartikan. Maka dari agar terdapat aksi yang lebih nyata lagi, dengan menyelenggarakn bursa tenaga kerja atau job fair. Melakukan job fair ini menjadi wadah untuk dapat mempertemukan antara pemberi kerja serta para pencari kerja.

Biasanya untuk mencari kerja itu menjadi hal yang sangat sulit bukan, harus pergi kesana kemari untuk dapat memasukan CV. Hanya saja sekarang sudah terdapat organisasi yang mewadahi, sehingga untuk mencari informasi lowongan pekerjaan menjadi lebih mudah lagi. Disini para pencari kerja dapat memilih pekerjaan sesuai dengan potensi yang dimilikinya, lalu nantinya akan terjadi seleksi apakah memang layak untuk diterima atau tidak.

2.Memberikan Layanan Pelatihan Kerja

Karena memang tidak semua mempunyai potensi yang baik dalam bekerja, sehingga dengan memberikan layanan untuk pelatihan kerja ini akan sangat membantu. Tentunya perusahaan akan mencari para pekerja yang memiliki potensi dan juga bakat, agar para pencari kerja dapat bersaing dengan para pekerja yang lainnya menjalani pelatiha kerja ini menjai hal yang efektif untuk dilakukan.

Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Terlebih lagi masyarakat yang memang ini mengembangkan potensi atau hobi yang ada di dalam dirinya untuk menjadi lebih baik lagi. Sehingga program yang satu ini memungkinkan untuk dapat melahirkan pekerja – pekerja yang baik.

3.Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan

Lapangan pekerjaan yang tersedia itu pastinya mempunyai batasan, maka dari itu diri ini harus memiliki jiwa kewirausahaan yang sudah dilatih dari sekarang. Bisa dibilang cara yang satu ini dapat menjadi sebuah cara yang cukup efektif untuk dapat dilakukan. Sebetulnya keunggulan apa yang akan didapatkan jika jiwa kewirausahaan sudah diterapkan dari sekarang ini?

Manfaat yang akan diterima adalah diri sendiri tidak akan merasa kebingungan dengan lapangan pekerjaan yang memang terbatas. Karena dapat membuka atau mendirikan bisnis sendiri, juga memberikan manfaat lain yaitu membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk orang lain.

Itulah beberapa cara untuk dapat mengatasi tingkat pengangguran di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *