Kembali, PPKM Level 4 di Pulau Jawa-Bali Diperpanjang?

Pemerintah resmi mengumumkan untuk mengeluarkan keputusan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau yang biasa kita kenal dengan PPKM Level 4, 3, dan 2 di Pulau Jawa-Bali. Perpanjangan ini akan dilakukan hingga pada tanggal 16 Agustus 2021 mendatang.

Pada senin kemarin (09/08/2021) konferensi pers evaluasi dan penerapan PPKM digelar oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, konferensi ini membahas dan menentukan tentang PPKM Level 4, 3, dan 2 yang kembali diberlakukan di pulau Jawa dan Bali dengan beberapa aturan yang berbeda.

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual ini, Luhut mengatakan bahwa penerapan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini didasari atas hasil yang menggembirakan pada periode PPKM yang sebelumnya, yang dilakukan pada tanggal 2 – 9 Agustus 2021 kemarin.

Dikutip oleh Luhut, menurut dari data yang ia dapatkan, tren kasus infeksi COVID-19 di pulau Jawa-Bali mengalami penurunan yang cukup signifikan 59,6% dari puncak kasus pada pertengahan Juli 2021 kemarin. Juga, jumlah bed kosong di rumah sakit mengalami kenaikan dan jumlah kematian akibat COVID-19 menurun di Pulau Jawa-Bali.

Berbicara tentang data, pada penerapan PPKM Level 4 di periode sebelumnya tercatat pasien sembuh bertambah 226.656 jiwa, jauh lebih banyak jika kita membandingkan dengan kasus harian yang bertambah 199.920 kasus. Walaupun begitu, kasus kematian tetap terus bertambah eiring dengan peningkatan kasus harian baru. Per hari ini saja (12/08/21) ada tambahan 1.466 jiwa yang meninggal dunia, total 113.664 jiwa. Kabar baiknya jumlah orang orang yang menerima Vaksin juga mengalami peningkatan, untuk Vaksin Pertama total ada 188.642 orang dan 305.550 orang penerima Vaksin Kedua.

Dikatakan oleh Luhut, pada perpanjangan penerapan PPKM Level 4 kali ini telah dikomunikasikan dengan baik dan cermat oleh banyak pihak. Termasuk didalamnya asosiasi Mall hingga perindustrian. Pemerintah dikatakan akan melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau Mal di wilayah PPKM Level 4 secara gradual. Uji coba ini dilakukan dengan memenuhi dan menjankan implementasi protokol kesehatan tentu saja. Lebih spesifiknya, Mal yang akan dibuka adalah Mal yang berada di wilayah Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Mal di empat wilayah diatas, hanya diperbolehkan menerima kapasitas 25% pengunjung selama sepekan kedepan dan juga diwajibkan untuk pengunjung vaksinasi dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Untuk anak di bawah usia 12 tahun juga lansia berusia di atas 70 tahun masih dilarang untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan yang nanti buka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *