FAKTA PATUNG PANCORAN
FAKTA – FAKTA YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI TENTANG PATUNG PANCORAN

Warga Jakarta pastinya sudah tidak asing dengan patung yang menjulang tinggi ini. Betul sekali ini adalah Patung Pancoran yang memang sudah banyak orang kenal dengan  namanya yang seperti itu. Pancoran ini berada di ibu kota Jakarta yang lokasinya itu berada di daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Lebih tepatnya lagi patung ini berada di depan komplek perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara, dahulunya itu adalah markas besar TNI Angkatan Udara. Patung Pancoran ini memang berada di tempat yangs sangat strategis, sehingga mereka yang baru mendarat di Bandara Udara Halim Perdanakusuma akan melihat dan juga melaluinya.

Mengapa patung ini bisa hadir Jakarta, dari mana ide tersebut? ternyata ide dari pembuatan patung pancoran ini berasal dari presiden pertama Indonesia, yang menghendaki untuk membuat sebuah patung tentang dunia penerbangan Indonesia. Patung ini menceritakan tentang manusia angkasa, yang emmiliki arti bahwa bangsa Indonesia itu mempunyai semangat serta keberanian dalam menjelajahi angkasa. Orang yang merancang patung ini adalah Edhi Sunarso di tahun 1964 sampai dengan 1965, ada uluran bantuan dari keluarga Arca Yogyakarta. Tahukah kamu bahwa berat patung ini sendiri adalah 11 ton, terbuat dari bahan perunggu. Benar – benar berat sekali bukan, utnuk ketinggian dari patung ini 11 meter lalu kaki patung itu sampai 27 meter. Penasaran untuk mengetahui patung pancoran lebih dekat? Berikut fakta – fakta tentang patung Pancoran yang belum banyak diketahui.

1.Nama Aslinya itu Bukanlah Patung Pancoran

Nama Aslinya itu Bukanlah Patung Pancoran

Patung yang sering dilihat ini, terutama mereka yang tinggal di daerah Jakarta Selatan ini benar – benar tidak akan asing. Malahan mereka sudah sangat biasa untuk melewati patung ini dan sudah tidak merasa aneh atau bagaimana lagi. Kebanyakan orang mengetahui dan memanggil patung ini dengan nama Patung Pancoran.

Ternyata patung ini memiliki nama asli yaitu Monumen Patung Dirgantara. Kebanyakan mereka yang mengatakan dengan nama patung Pancoran itu adalah karena letak dari patung ini yang berada di kawasan Pancoran. Nama patung ini sendiri memiliki arti, dirgantara itu adalah ruang yang berada di sekeliling serta melingkupi bumi. Di dalamnya terdapat ruang udara serta antariksa. Jadi sudahkah kamu tahu dan paham dari patung ini?

2.Bung Karno yang Rela Menjual Mobil Pribadinya untuk Membangun Patung Pancoran

Bung Karno yang Rela Menjual Mobil Pribadinya untuk Membangun Patung Pancoran

Patung yang sudah dibangun dari zaman dahulu ini, dimana pendapatan negara pun belum sepenuhnya besar. Sehingga presiden Soekarno yang memang mempunyai ide tersendiri untuk membangun patung Pancoran ini rela untuk menjual mobilnya sendiri demi pembangunan patung Pancoran ini. Karena jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat membangun patung ini senilai Rp 12 juta.

Bila mendengar nominal tersebut di jaman sekarang, memang bukan jumlah yang besar untuk membangun fasilitas umum. Hanya saja karena perbedaan zaman yang terjadi membuat jumlah uang segitu bukanlah hal yang mudah. Pemerintah mengeluarkan uang berjumlah 5 juta, mobil soekarno terjual 1 juta. Lalu sisanya itu kataya pemerintah Indonesia berhutang dan belum terbayar hingga sekarang.

3.Arah dari Acungan Tangan Patung Pancoran

Arah dari Acungan Tangan Patung Pancoran

Bila melihat bentuk dari patung Pancoran seolah – olah tangannya itu sedang menunjuk sesuatu. Tentunya hal ini mendundang banyak asumsi tentang acungan dari tangan patung pancoran yan mengarah ke suatu tempat. Ada yang mengatakan kalau arah dari patung pancoran ini diarahkan ke tempat dimana Soekarno menyimpan harta kekayaannya.

Lalu ada juga yang mengatakan bahwa arah dari acungan tangan patung pancoran ini mengarah ke sunda kelapa dan masih terdapat beberapa asumsi lainnya dari arah patung pancoran ini. Sebenar arah tangan patung pancoran ini mengarah ke Bandaran Internasioanl Kemayoran, itu merupakan bandara pertama yang Jakarta miliki.

Itulah beberapa fakta menarik dari patung Pancoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *