Cara Mengatasi Kepadatan Jakarta
KEPADATAN DI JAKARTA SEMAKIN TERASA, BERIKUT CARA MENGATASINYA!

Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu kota memang menjadi pusat untuk masyarakat Indonesia dalam mencari pekerjaan dan pundi – pundi rupiah. Meskipun tidak ada yang menjamin bahwa saat mernatau ke kota Jakarta tersebut akan mendapatkan pekerjaan. Karena kembali lagi pekerjaan itu akan didapatkan bila kita memiliki kerja keras, potensi, dan juga kemauan dalam mencarinya. Tidak akan serta merta kita mendapatkan pekerjaan saat merantau ke sana, ada yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu dengan berusaha. Meskipun Jakarta ini banyak orang bilang adalah kota yang keras atau Jakarta keras, tetapi orang – orang tetapi memilih untuk merantau ke kota yang satu ini.

Rasanya sudah tidak peduli dengan anggapan dan sebutan dari kota tersebut. Karena mereka yang datang ke kota tersebut ingin mencari dan juga mendapatkan pekerjaan, untuk dapat menopang kehidupan mereka serta keluarga. Tidak sedikit juga dari mereka yang menemukan tambatan hatinya disana, hingga akhrinya melanjutkan ke jenjang yang serius. Lalu mereka mendapatkan buah hati, terkadang ada keluarga yang memang tidak menetapkan KB. Padahal itu sudah menjadi anjuran pemerintah, untuk menekan angka pertumbuhan penduduk. Selain itu juga dengan kepadatan penduduk yang terjadi di Jakarta itu sendiri, memberikan dampak yang buruk. Karena angka kemiskinan dan juga pengangguran kian meningkat, mengikuti peningkatan dari penduduk. Berikut adalah cara untuk mengatasi kepadatan penduduuk di Jakarta yang semakin meningkat.

1.Program Keluarga Berencana

Program Keluarga Berencana

Program yang sudah diusung oleh pemerintah ini memang menjadi program yang efektif bila dijalankan dengan benar. Program keluarga berencana atau KB ini menjadi program pemerintah untuk masyarakat Indonesia agar dapat membatasi jumlah anak di dalam satu keluarga, jadi di dalam keluarga tersebut dicukupkan untuk mempunyai dua orang anak saja. Terdapat beberapa cara yang dapat diberikan untuk melakukan program keluarga berencana.

Ibu – ibu rumah tangga dalam melancarkan program keluarga berencana ini, dimulai dari mengosumsi obat tertentu, suntik atau jarum, pemakaian alat kontrasepsi, dan ada beberapa cara yang lainnya. Karena dengan melakukan program keluarga berencana ini dapat menekan peningkatan dari pertumbuhan penduduk, sehingga tidak meledak peningkatan tersebut. Melakukan sosialisasi program keluarga berencana ini dengan semaksimal mungkin, agar hasil yang didapatkan pun maksimal.

2.Membuat Undang – Undang yang Menetapkan Usia Minimal Menikah

Membuat Undang – Undang yang Menetapkan Usia Minimal Menikah

Seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan di zaman sekarang ini masih saja ada yang dilakukan pada usia yang tergolong masih muda. Tidak hanya itu tetapi juga terdapat kasus dimana anak – anak pada usia sekolah sudah hamil di luar nikah, membuat mereka tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Tentunya ini akan memberikan rasa trauma kepada pihak wanita bahkan dalam jangka panjang.

Bila hal ini terus beangsur – angsur terjadi, dimana usia muda sudah menghasilkan usia muda. Maka pertumbuhan penduduk yang terjadi itu akan membeludak, selain itu juga para orang tua tidak sedikit yang menikahkan anaknya dalam usia dini terutama perempuan. Maka dari itu pemerintah membuat Undang – Undangyang menetapkan usia minimal menikah.

3.Mengurangi Perpindahan Penduduk dari Daerah ke Jakarta

Mengurangi Perpindahan Penduduk dari Daerah ke Jakarta

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tidak sedikit dari mereka yang memilih Jakarta sebagai kota yang dituju untuk mencari nafkah. Karena mereka berfikir bahwa di Jakarta akan tersedia banyak lowongan pekerjaan yang dapat menunjang mereka. Kebanyakan penduduk yang melakukan perpindahan tersebut adalah penduduk daerah.

Hal ini menyebabkan terjadi penumpukan yang terjadi di Jakarta, sehingga terjadinya kepadatan di dalam kota ini. Maka dari itu harus diberlakukannya pengurangan perpindahan penduduk dari daerah ke Jakarta. Agar kepadatan yang terjadi tidak semakin membludak.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kepadatan penduduk di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *