Buruh Demo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan
Buruh Demo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Dini Hari

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini akan menggelar aksi demo selama dua hari, terkait adanya dugaan korupsi BPJS Ketenagakerjaan yang dinilai dengan harga sebesar 20 triliun rupiah. Demo pertama ini sendiri akan dilakukan pada kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan dini hari, Rabu (17/2/2021) yang akan dilanjutkan di kantor kejaksaan agung pada hari Kamis (18/02/2021). Selain aksi lapangan yang telah diwakili 20 orang buruh, KSPI ini juga akan melakukan aksi virtual di media sosial. Dimana presiden KPSI bernama Said Iqbal ini juga mengatakan adanya aksi asa yang dilakukan selama dua jam dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Dalam aksi nanti, kami akan meminta kejaksaan Agung yang terus melanjutkan penyelidikan terhadap adanya dugaan koruosi di BPJS Ketenagakerjaan. Karena sekecil apapun jika ada temuan, harus dibawa ke persidangan seperti dilansir oleh pesona indonesia.

Selain di ibukota Jakarta, aksi buruh akan dilakukan secara serentak di 10 provinsi lainntya, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Acewh, Makassar, sampai Gorontalo yang bertempat di kantor wilayah BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan di sisi lain, KPSI ini telah mengirimkan surat ke Kejaksaan Agung agar sungguh-sungguh dalam menangani kasus ini. Surat ini juga akan ditembuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Said juga mengatakan “Kami percaya Presiden Jokowi akan memperhatikan dan mengambil tindakan terhadap indikasi korupsi di BPJS Ketenagakerjaan”. KSPI ini akan meminta pihak terkait yang memanggil para direksi dan lembaga investasi untuk bisa menggali keterangan serta mencekal Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk tidak berpergian ke luar negeri.

Kami juga akan mempersoalkan adanya potensi kerugian sebesar 20 triliun di BPJS Ketenagakerjaan. Bruuh ini pasti akan bereaksi, karena ada uang mereka di sana.

Tidak hanya itu saja, kabarnya aksi akan dilakukan juga pada tanggal 18 Februari di hari Kamis yang akan dilakukan di depan kantor Kejagung. Modelnya sama, tuntunannya juga sama dan telah menggunakan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *